[TIPS] Tahapan Skincare Ini Gak Boleh Dilewatkan Saat Traveling



Saat traveling tentu kamu gak mau bawa barang bawaan yang terlalu berat, termasuk skincare. Kalau harus memilih, kira-kira produk skincare apa saja yang bisa dibawa sebagai ‘senjata’ saat bepergian? Yuk, intip penjelasannya di bawah.
-
Traveling berarti saatnya melepas penat dari pekerjaan atau PR yang menumpuk.  Saat itu pula kamu akan banyak menghabiskan waktu di tempat tujuan wisata hingga terkadang lupa tahapan skincare ala Korea yang biasa dilakukan di rumah. Memang, kamu ga perlu melakukan 10 tahapan skin care seperti di rumah, tapi bukan berarti kulit dibiarkan begitu saja tanpa perawatan. Berikut tahapan skincare yang masih bisa banget untuk dilakukan dan penting saat traveling.
1.      First Cleanser
Setelah seharian pergi, pastikan ketika sampai hotel malam hari langsung sediakan micellar water ­atau sejenisnya untuk membersihkan wajah kamu dari debu, kotoran dan polusi. Jangan biarkan mereka ‘betah’ berlama-lama di wajah kamu. Kalau dirasa micellar water yang dituang ke kapas kurang praktis, kamu bisa pakai tisu basah khusus untuk membersihkan wajah. Yang biasa aku pakai adalah Shikada Facial Cleansing Wipes, tapi kamu bisa pakai dari brand manapun.
2.      Second Cleanser
Aku rasa siapapun yang traveling tidak akan lupa membawa sabun pencuci wajah, bahkan uniknya, banyak yang skip membawa pembersih wajah di tahap pertama, namun tidak lupa membawa sabun pencuci muka di tahap kedua ini. Wajar saja karena memang gak afdal rasanya cuci muka tanpa air. Di tahapan ini, kamu bisa pakai sabun pencuci wajah brand manapun asal cocok. Tahap ini perlu dilakukan untuk memastikan kotoran, debu, dan makeup yang seharian menempel di wajah telah hilang. Kalau kulit wajahmu gak sensitif, bisa pakai sabun pencuci wajah yang ada tekstur scrub-nya. Lumayan banget lho cuci muka sekaligus eksfoliasi. Nah, untuk yang wajahnya sensitif dengan butiran scrub, tetap gunakan sabun pencuci wajah yang gentle, ya! Jangan khawatir, asal tahap pertama dan kedua dilakukan dengan benar, wajahmu sudah bisa dikatakan bersih, kok. :D
3.      Moisturizer
Saat traveling rasanya terlalu menyita waktu jika harus menggunakan booster, toner, dan serum karena masing-masing produk memerlukan waktu untuk diserap kulit. Walaupun ada beberapa produk yang memiliki claim mudah diserap, namun aku pribadi biasanya lebih merasa tenang kalau didiamkan dahulu. Jadi setelah mencuci wajah, bisa langsung dilanjutkan dengan pelembab. Aku biasanya hanya menggunakan aloe vera gel dari The Saem (yang sudah dimasukan ke wadah kecil) karena sangat ringan dan cocok buat kamu yang habis seharian panas-panasan atau yang kulitnya kering karena seharian terkena udara dingin. Namun, menggunakan pelembab andalanmu sehari-hari juga boleh banget. Cara lainnya, kamu bisa juga pakai facial spray yang tinggal disemprot-semprot ke wajah, cukup praktis dan menghemat waktu. Tahapan skincare malam hari bisa berhenti sampai di sini. Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan sheetmask sebentar yang serumnya sambil dibawa tidur.
4.      Sunblock
Sangat disayangkan masih banyak orang yang melupakan betapa pentingnya penggunaan sunblock. Untuk kamu yang bepergian ke tempat panas atau paparan mataharinya cukup kencang, wajib menggunakan sunblock. Bahkan lebih baik lagi kalau kamu bawa sunblock andalanmu ke dalam tas traveling agar bisa di re-apply saat butuh. Sedikit membahas manfaat sunblock, produk satu ini dapat menolong kamu dari jahatnya sinar matahari, meminimalisir kulit terbakar, dan juga kulit belang. Jika memungkinkan, kamu bisa bawa payung agar tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Oh ya, sunblock yang digunakan sebaiknya mengandung SPF tinggi (idealnya SPF 50) karena semakin tinggi jumlah SPF, akan semakin lama pula ia bekerja melindungi kulit. Ada beberapa temanku yang tidak suka menggunakan sunblock saat traveling karena membuat wajahnya berminyak saat di bawah terik. Mungkin kamu juga ada yang seperti itu? Bisa jadi itu gak cocok dengan produknya. Lebih baik kamu bereksperimen dahulu mencari produk yang cocok. Kalau masih berminyak juga, bisa diakalin kok, yaitu pakai loose powder setelahnya.  
-
Jadi, kamu tipe traveller yang mana? Bepergian dengan rangkaian skincare lengkap atau diseleksi dahulu?

Komentar